Selasa, 24 September 2013

pelajaran

rangkuman materi PAI beberapa pertemuan kelas XII SMK


BAB I
Keunggulan Orang Beriman Yang Menguasai Ilmu
Berangkat dari firman Allah dalam QS. Ar-ra’d ayat 11 Abaikan peringatan
“Sesungguhnya Allah tidak akan merubah suatu kaum sehingga mereka merubah keadaan yang ada pada diri mereka sendiri” (Qs. Ar-Ra’d :11)
Salah satu cirri dari orang yang beriman adalah mau berubah kearah yang lebih baik, dan tentu saja perubahan itu disertai dengan ilmu yang didapatkannya.
A.    Keutamaan orang berilmu
Janji Allah kepada semua orang yang beriman bahwa Allah akan mengangkat derajat orang-orang yang beriman dan berilmu pengetahuan beberapa derajat, seperti dalam QS.Al-Mujadalah:11
“Hai orang-orang yang beriman apabila dikatakan kepadamu”Berlapang-lapanglah di dalam majlis”, maka niscaya Allah akan memeberikan kelapangan untukmu. Dan apabila dikatakan :”berdirilah kamu”, maka berdirilah, niscaya Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat. Dan Allah maha mengetahui apa yang kamu kerjakan”. (QS. Al-Mujadalah:11)
B.     Asbabun Nuzul
Menurut Ibnu Abi Hatiim dan Muqtil bin Hibban, ayat ini turun ketika terjadi suatu peristiwa di mana Rasululloh SAW hendak melakukan pertemuan dalam rangka menghormati para pahlawan perang badar. Pertemuan itu dilakukan di tempat yang sempit, sehingga beberapa pahlawan perang badar tersebut berdiri di luar.
Melihat keaadaan tersebut Rasululloh SAW menyuruh para hadirin yang lain untuk berdiri, namun banyak yang enggan melakukannya. Hingga turunlah QS. Al-Mujadalah:11
C.     Isi Kandungan
·         Maksud dari ayat tersebut adalah anjuran untuk memberikan tempat kepada mereka yang yang baru datang dalam suatu pertemuan sebagai wujud rasa persaudaraan.
·         Memberikan kemudahan kepada orang lain
·         Allah akan mengangkat derajat orang-orang beriman dan berilmu
D.    Sikap dan perilaku yang mencerminkan QS.Al-Mujadalah:11
·         Dalam pergaulan, seorang muslim harus memiliki sikap peduli, ramah dan santun kepada sesama manusia
·         Seorang muslim yang berbuat baik kepada orang lain pada hakekatnya ia telah berbuat baik kepada diri sendiri
·         Memiliki etos yang tinggi dalam menggapai ilmu pengetahuan
·         Dihindari dari jalan hidup yang rendah kualitasnya
·         Memahami hakekat dan tujuan ilmu
BAB II
1.      Keseimbangan Bekerja Dan Beribadah
Untuk mencapai kebahagiaan hidup, baik di dunia maupun di akherat, harus disertai dengan usaha yang sungguh-sungguh, karena kebahagiaan tidak akan muncul dengan sendirinya.
Suatu usaha yang seharusnya dilakukan oleh seorang muslim adalah menyeimbangkan antara berusaha untuk kepentingan duniawi dan kepentingan ukhrowi. Sebagaimana firman Allah SWT dalam QS. Al-Jumu’ah ayat 9-10:
[62:9] Hai orang-orang beriman, apabila diseru untuk menunaikan shalat Jum'at, maka bersegeralah kamu kepada mengingat Allah dan tinggalkanlah jual beli {1476}. Yang demikian itu lebih baik bagimu jika kamu mengetahui.
[62:10] Apabila telah ditunaikan shalat, maka bertebaranlah kamu di muka bumi; dan carilah karunia Allah dan ingatlah Allah banyak-banyak supaya kamu beruntung. (QS. Al-Jumu’ah: 9-10)
2.      Penjelasan tajwid
يايها = mad jaiz munfasil
 الذي = mad thobi’i
امنو  = mad badal
 كنتم = ikhfa
تعلمون = mad arid lisukun
وبتغوا = qolqolah sugro
تڧلخون = mad arid lisukun
3.      Isi Kandungan
·         Ketika waktu sholat jumat telah dating, maka bersegeralah menunaikan perintah Allah dan tinggalkanlah seluruh akifitas duniawi
·         Orang beriman harus yakin akan nikmat Allah yang senantiasa mengalir bagi orang-orang yang mempercainya dengan sepenuh hati
·         Seorang muslim, harus mempunyai management yang baik dalam hidupnya yaitu dapat menyeimbangkan antara kepentingan duniawi dan ukhrowi
·         Untuk menghindari penyimpangan yang ditawarkan syaitan dan godaan duniawi, hendaklah seorang muslim banyak-banyak mengingat Allah
·         Kebahagiaan hidup, akan senantiasa diraih oleh seorang muslim, apabila seluruh hidupnya diperuntukkan dalam rangka mengabdi kepada Allah SWT.

0 komentar:

Posting Komentar